2.07.2013

SEJARAH INTERNET

Sejarah Internet - Bicara tentang Internet adalah sesuatu yang lumrah dalam zaman yang sudah modern seperti saat ini. Anak muda, orang tua, dan lainnya pasti sudah pernah mengakses Internet dan Tentu kalian sudah sering sekali menggunakan Internet bukan? akan tetapi apakah kalian sudah mengetahui awal mula pembentukan Internet. 

 
Internet merupakan istilah dari jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek yang disebut APRANET (Advanced Research Poject Agency Network). Dimana mereka mendominasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasisi unix. Proyek APRANET merancang bentuk jaringan ,kehandalan, seberapa besar informasi dapat di pindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadu cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Intenet Protocol). 
Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah hanya untuk kepentingan  militer saja. Pada saat itu Departemen Amerika Serikat (US Departemen of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya APRANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum APRANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. Oleh sebab itu APRANET dipecah menjadi dua macam, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “APRANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, Universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan  akhirnya dikenal dengan nama DAPRA Internet, yangkemudian disederhanakan menjadi Internet.
Dimulai dari pengembangan komputer elektronik pada masa 1950-an. Pada saat itu Masyarakat pertama kali diperkenalkan ke Internet bila pesan telah dikirimkan dari laboratorium ilmu komputer Profesor Leonard Kleinrock di University of California, Los Angeles (UCLA), setelah bagian kedua dari peralatan jaringan yang dipasang di Stanford Research Institute (SRI). Koneksi ini tidak hanya memungkinkan transmisi pertama yang akan dibuat, tetapi juga dianggap sebagai backbone internet pertama. Ini mulai komunikasi point-to-point antara komputer mainframe dan terminal, diperluas untuk point-to-point koneksi antar komputer, dan kemudian penelitian awal ke packet switching. Packet switched jaringan seperti ARPANET, Mark I di NPL di Inggris, CYCLADES, Merit Network, Tymnet, dan Telenet, yang dikembangkan pada 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol. ARPANET khususnya menyebabkan pengembangan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung bersama dalam jaringan dari jaringan.

Pada tahun 1982, Internet protocol suite (TCP / IP) adalah standar dan konsep jaringan seluruh dunia dari jaringan TCP / IP sepenuhnya saling berhubungan disebut Internet diperkenalkan. Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) mengembangkan Ilmu Komputer Jaringan (CSNET) dan lagi pada tahun 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. Penyedia layanan Internet komersial (ISP) mulai muncul pada 1980-an dan awal 1990-an. ARPANET dinonaktifkan pada tahun 1990. Internet itu dikomersialkan pada 1995 ketika NSFNET telah dinonaktifkan, menghilangkan pembatasan terakhir pada penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial.

Sejak pertengahan tahun 1990-an, Internet telah membawa dampak revolusioner pada budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya dekat-instan komunikasi melalui surat elektronik, pesan instan, Voice over Internet Protocol (VoIP) "panggilan telepon", video dua-arah interaktif panggilan, dan World Wide Web dengan forum diskusi nya, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online. Komunitas riset dan pendidikan terus mengembangkan dan menggunakan jaringan canggih seperti Jaringan Backbone sangat tinggi NSF kecepatan Layanan (vBNS), Internet2, dan National LambdaRail. Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbit / s, 10-Gbit / s, atau lebih. Pengambilalihan Internet atas lanskap komunikasi global hampir instan dalam sejarah: hanya dikomunikasikan 1% dari informasi yang mengalir melalui dua arah jaringan telekomunikasi di tahun 1993, sudah 51% pada tahun 2000, dan lebih dari 97% dari informasi telecommunicated pada tahun 2007 . Saat ini internet terus berkembang, didorong oleh jumlah semakin besar dari perdagangan online, hiburan, dan jejaring sosial.
 
 
 Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang sejarah internet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.